Gigi Pertama Alula

Pada umumnya, gigi pertama bayi tumbuh di usia 6-8 bulan. Sebagian malah sudah tumbuh sejak usia 3 bulan, bahkan yang sejak lahir sudah ada giginya juga ada!
Katanya sih begitu.

Tidak pada Alula.

Seperti orang tua lainnya, apalagi untuk anak pertama, saya juga excited sekali menunggu gigi Alula tumbuh.
Sejak memasuki usia 6 bulan dan beberapa kali menunjukkan gejala gusi gatal, atau rewel-rewel tanpa sebab, beberapa kali pula saya berhusnuzhan, “Ooooh.. Alula mau tumbuh gigi yaa”..

Begitu terus, hingga usianya 17 bulan.

Hingga akhirnya..
Alhamdulillaah beberapa waktu lalu, gigi pertama Alula benar-benar tumbuh!
Rasanya lega dan penuh syukur.
Setelah penantian panjaaaaaang. Hehee 😀

Sejak giginya belum juga tumbuh di usia 8 bulan, saya sempat bertanya kepada beberapa teman dokter gigi, dan mereka bilang “Belum tumbuh sampai 18 bulan itu masih normal kok. Kalau sampai 18 bulan belum tumbuh juga, baru coba ke dokter gigi”.
Makanya, secara pribadi saya cukup tenang. Apalagi, di luar pertumbuhan giginya, perkembangan Alula yang lain tergolong baik. Ia cepat belajar merangkak, merambat, dan berjalan. Kemampuan bicaranya berkembang sangat baik.
In syaa ALLAH tidak ada masalah di tumbuh kembangnya. Hanya perlu lebih sabar menunggu hingga giginya tumbuh.

Nah, yang membuat jadi kepikiran terus justru omongan-omongan orang.
“Giginya mana kok belum tumbuh?”
“Nggak diperiksain ke dokter mbak?”
“Anakku dulu belum 6 bulan udah 2 giginya loh mbak..”
“Itu anaknya mbak **** lebih kecil dari Alula aja giginya udah 4.. Alula mana ini?”
“Kurang kalsium kali anaknya. Ya ibunya nambah suplemen gitu biar tumbuh giginya cepet.”

Errrr..

Saya bukannya nggak aware, ibu-ibu..
Selain berulang kali konsultasi ke teman-teman dokter gigi, saya juga rajin baca-baca tentang ini.
Bahkan, saya sudah mempersiapkan mental jika ternyata gigi Alula memang “berbeda”. Katanya, ada kasus 1 dibanding sekian (jarang banget terjadi) di mana gigi anak benar-benar tidak tumbuh.

Alhamdulillaah sebelum usianya genap 18 bulan, gigi pertamanya benar-benar muncul.. 🙂
Semoga semakin memudahkanmu makan ya Nak.. :-*

Advertisements

3 thoughts on “Gigi Pertama Alula

  1. putrihasma January 16, 2018 / 10:24 am

    huhuhuhu.. dunia emak2 itu mmg kejam ya … komen2 yg bikin geram geram geram .. kudu banyak sabat tp disitu juga awalan kita dilatih buat membangun kepercayaan bersama anak .. mengingat dunia emak2 akan makin kejam pas usia sekolah ya mba .. ya anak dibilang ga pintar dan bla2 misalmya.. trus dinjudge ini itu… huwo huwo … semangat mba .. semangat alula.. salam kenal .. saya member 1m1c lagi BW hehehe

    • nzulfah March 1, 2018 / 11:31 am

      Ih aku baru ngeh ini belum direspon. Maapkeun 😂🙈
      Iyaa banget kaa, jadi emak2 itu kudu tahan banting sama komen kanan kiri.😅
      Salam kenaaal, ini ka Meput yg mau bagi2 postcard dari amrik itu kaaan? Hihii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s