Pas Kena di Hati

#27DaysWritingProject (Day 24)

Baru saja membuka salah satu grup Whatsapp dan membaca ini:

Manusia akan masuk neraka melalui tiga pintu:

  1. Pintu syubhat, yang akan melahirkan keraguan pada agama ALLAH.
  2. Pintu syahwat, yang akan melahirkan (sikap) mendahulukan hawa nafsu di atas menaati ALLAH dan ridlaNYA.
  3. Pintu kemarahan (ghadlab), yang akan melahirkan permusuhan atas manusia.

(Ibnul Qayyim al-Jauziyyah dalam al Fawa’id halaman 80)

Entah ya.. kadang kita tanpa sengaja membaca sesuatu yang memang lagi butuh untuk kita baca.
Kadang bukan “infonya” yang kita butuhkan, simply karena sedang butuh diingatkan.

Pas emosi nggak stabil dan ingin marah, lalu membacanya membuat saya perlahan menata hati agar rasa ingin marahnya memudar. Istighfar, istighfar… Yang salah orang lain dan saya yang dirugikan, makin rugi kalau saya memperturutkan rasa marah dan semakin mendekati pintu ketiga menuju neraka.
Padahal pesan itu sudah terkirim sejak pagi tadi. Kebetulan saja saya baru benar-benar membacanya sekarang. ALLAH memang tahu kapan waktu yang pas bagi saya untuk “menerima” pesan itu.🙂

Sering kan ya hal-hal semacam ini terjadi?

ALLAH selalu punya cara terbaik untuk mengingatkan hambaNYA. Meski seringkali, saya tak menyadari teguran-teguran indah itu.

Wallaahu a’lam bishawab.

5 thoughts on “Pas Kena di Hati

  1. iya bener, saya juga biasanya klo ada yang bc di group, saya skip aja, males bacanya.
    Trus kadang-kadang pas lagi ada masalah gitu, kok ya scroll lagi ke atas, baca-baca terus nemu yang pas dihati

    • Waduh.. nama saya bukan mimin.😀

      Perbanyak sholat n tilawah kayaknya yg paling ngaruh kalau buat saya.
      Biasanya, saya lebih mudah manage emosi saat sholat n tilawah terjaga. Pas lagi futur tuh misalnya, hmm.. bawaannya sering jadi gampang marah n tersinggung.🙂

Leave a Reply

