Simple Way to Get Happiness

Mushola Apung SPs UGM, 21 Maret 2013
(Ust. Murwantoko – dosen prodi Perikanan UGM)

Kualitas suatu hal harus dilihat secara komprehensif berdasarkan keseluruhan komponen yang terkandung di dalamnya. Jadi, untuk menilai apakah seorang manusia dikatakan bahagia atau tidak, harus ditinjau dari kualitas keseluruhan komponen manusia itu sendiri.

Secara umum, manusia tersusun atas 3 komponen utama:

  1. Jasad
  2. Akal
  3. Hati / Ruh

Nah, untuk mencapai tingkatan yang disebut “bahagia”, satu-satunya jalan adalah dengan memenuhi hak-hak ketiga komponen tersebut. Baik jasad, akal, maupun hati/ruh harus diberi “makan” sesuai proporsinya masing-masing. Sebagai contoh: makanan sehat dan istirahat yang cukup sebagai hak bagi jasad, ilmu yang bermanfaat sebagai hak bagi akal, serta dzikrullah dan kesibukan mengkaji ayat-ayatNYA sebagai hak bagi hati/ruh.

Namun, untuk mencapai taraf “bahagia”, umumnya aspek hati/ruh lebih membutuhkan banyak perhatian dalam pemenuhan “hak”nya.🙂

Selain itu, pada dasarnya kunci kebahagiaan terletak pada “penyandaran” diri (pemasrahan sepenuhnya) pada Yang Maha Kuat. Hendaknya kita selalu berprasangka baik pada ALLAH, yakin bahwa apapun yang DIA berikan untuk kita pastilah yang terbaik.🙂

Salah satu indikator kebahagiaan adalah adanya rasa puas. Puas bukan berarti segala impian kita terwujud, tapi lebih pada kepuasan (merasa syukur) atas segala hal yang kita miliki. Kepuasan akan tercapai ketika kita berupaya maksimal untuk mencapai suatu tujuan dengan mengerahkan segala potensi yang kita miliki.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang bahagia dunia-akhirat, serta mampu membahagiakan orang lain.

Wallaahu a’lam bishawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s