Tanya-Jawab Aqidah

Mushola Apung SPs UGM, 27 September 2012
(Ust Awan Abdullah)

Beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam diskusi antar agama mengenai kebenaran aqidah Islam:

Tanya:
Di antara sekian banyak agama yang ada, ALLAH adalah satu-satunya Tuhan yang tidak berani atau seolah gak pede menampakkan diriNYA. Coba saja lihat Tuhan2 agama lain yang bisa dengan mudah dilihat secara kasat mata. Jangan-jangan wajah ALLAH buruk sekali, ya?

Jawab:
ALLAH bukan tidak pede, Tuhan agama lain saja yang ke-pede-an, seolah tak punya wibawa. Kalau ALLAH menampakkan diri, wujudNYA akan dibanding-bandingkan dengan hamba/makhlukNYA. Lagipula, ALLAH Maha Suci, tak pantas untuk turun ke bumi yang jauh dari kesucian karena kemaksiatan makhluk. ALLAH “mahal” sekali, sehingga tidak sembarangan dapat dilihat begitu saja oleh makhlukNYA. Selain itu, agar ALLAH tidak mudah dihinakan.🙂

Tanya:
Semua agama menyatakan bahwa alam semesta ini adalah ciptaan Tuhan mereka. Lalu, apa buktinya bahwa ALLAH-lah yang benar-benar Pencipta alam semesta ini, bukan Tuhan2 agama lain?

Jawab:
Setiap agama meyakini Tuhannya adalah Pencipta alam semesta berdasarkan kitab suci masing-masing. Di setiap kitab suci agama akan tercantum bahwa Tuhan (yang diyakini oleh tiap agama) adalah Pencipta alam semesta. Dengan demikian, untuk menentukan Tuhan mana yang sebenarnya menciptakan alam semesta, yang harus dilakukan adalah verifikasi terhadap kebenaran kitab suci tiap agama. Manakah kitab suci yang benar-benar merupakan ciptaan Tuhan?
Al Quran adalah satu-satunya kitab suci yang terjaga keasliannya dari masa ke masa. Gak percaya? Coba saja cek ayat per ayat dalam Al Quran dari jaman baheula sampai sekarang. Dari mulai Quran di Indonesia, di Arab, di Perancis, di Timor Leste.. adakah satu ayat pun yang berbeda? Adakah satu kata pun yang berbeda? Al Quran adalah satu-satunya kitab yang tidak kenal kata ketinggalan jaman atau gak sesuai jaman lagi. Isi Quran selalu sesuai dengan kehidupan masa kapan pun.
Satu bukti bahwa Quran dapat terjaga adalah bahwa ayat-ayat Quran dapat dihafal dengan “bahasa” yang sama oleh siapapun. Coba panggil para “petinggi agama” dari tiap agama dan suruh lafalkan 10 ayat saja dalam kitab suci agama masing-masing. Islam akan dengan mudah melafalkannya. Agama lain?

Tanya:
ALLAH kan Maha Kuasa. Lalu, untuk apa DIA menciptakan malaikat untuk membantunya? Memangnya tidak mampu melakukan segalanya sendiri?

Jawab:
Justru malaikat diciptakan sebagai salah satu bukti kekuasaan ALLAH dan menunjukkan kreativitas penciptaan yang luar biasa. ALLAH menciptakan banyak sekali malaikat dengan tugas-tugas spesifik yang berbeda, kan? Selain itu, malaikat diciptakan sebagai saksi perbuatan manusia (Raqib-Atid). Jadi, ketika manusia dibacakan catatan perbuatannya di akhirat kelak, ada saksi-saksi yang juga turut hadir dalam “pengadilan” ALLAH.

Tanya:
Dalam Islam, wanita dilarang menjadi pemimpin. Laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita. Kok sepertinya Islam adalah agama gender ya? Terlalu membela laki-laki dan mengesampingkan hak-hak wanita?

Jawab:
Ah, kata siapa? Hanya orang-orang yang belum mengerti Islam yang berkata demikian. Justru Islam adalah satu-satunya agama yang sangat memperhatikan kesetaraan hak dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan dalam segala aspeknya. Sifat dan karakter laki-laki dan perempuan memang pada dasarnya berbeda. Sudah dibuktikan dari sisi science maupun psikologis kan? Jadi, ada hak dan kewajiban yang berbeda di antara keduanya, disesuaikan dengan sifat dasar masing-masing. Adil bukan berarti harus setara dalam semua aspek yang sama, kan? Adil adalah “mengambil bagian” sesuai porsi masing-masing.🙂

Tanya:
Islam itu lucu. Iblis (syetan) diancam akan masuk neraka, padahal dia terbuat dari api dan neraka juga isinya api. Bagaimana iblis akan takut oleh ancaman itu? Jelas saja iblis tidak kapok-kapok menyesatkan manusia, toh masa depannya sudah jelas –> masuk neraka dan kembali ke api.

Jawab:
Coba tampar pipimu sendiri dengan keras. Sakit, kan? Bukankah tangan (untuk menampar) dan pipi (yang ditampar) sama-sama terbuat dari kulit? Tapi kok tetap menghasilkan sensasi sakit? Karena meskipun sama-sama kulit, struktur dan kadarnya berbeda.🙂
Sama halnya dengan iblis (dari api) yang masuk neraka (yang berisi api). Struktur dan kadar api kuning yang membentuk iblis (dan jin) berbeda dengan api hitam pengisi neraka. Maka, tentu saja iblis akan tetap merasa sangat kesakitan dan tersiksa dalam neraka.🙂

Wallaahu a’lam bishawab.

One thought on “Tanya-Jawab Aqidah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s