Jangan Tunda Berbuat Baik!

Siang tadi saya naik motor ke kampus. Di suatu pertigaan jalan, seorang lelaki tua tampak kepayahan mendorong sepeda yang mengangkut barang-barang bekas di atasnya. Jalan itu memang menanjak, pastilah semakin memperberat bebannya mendorong sepeda. Begitu lambatnya beliau mendorong sepeda, sehingga aktivitas beliau menghalangi lalu-lalang kendaraan yang lewat. Saya salah satunya.

Saya harus mencari celah agar motor saya bisa lewat. Terbersit niat sesaat untuk menolong bapak tersebut, tapi saya justru hanya membuka bagian depan helm saya, mengangguk dan tersenyum pada bapak tua itu. Sikap yang tak lama kemudian sangat saya sesali. Mengapa saya tidak menepikan motor sejenak dan menolong beliau mendorong sepedanya?

Beberapa detik kemudian saya memang menepikan motor dan menoleh ke belakang, ke arah bapak tua itu. Ingin kembali dan bergegas menolong, tapi terlambat. Seorang ibu berhati mulia sudah lebih dulu melakukannya. Sekali lagi, saya terlambat.

Kisah ini memang sederhana. Akan tetapi, suatu hal yang akhirnya saya benar-benar pahami adalah penyesalan memang selalu datang belakangan. Pertemuan singkat saya dengan lelaki tua itu sudah terjadi 10 jam lalu. Namun, wajah letih bapak pengumpul barang bekas itu masih terus terbayang di benak saya hingga kini. Seharusnya saya bergegas menolongnya sejak detik pertama niat itu terbersit di pikiran saya siang tadi.

Bagaimanapun, penyesalan tak akan punya makna tanpa hikmah yang bisa kita pelajari. Penyesalan tak akan berarti tanpa suatu bentuk perbaikan diri.

Jangan pernah penyesalan itu datang lagi.
Apapun niat baikmu, lakukan sekarang!
Lakukan segera setelah niat itu terbersit di benakmu!
Sebelum waktu mengambilnya pergi..
Sebelum orang lain mengambil kesempatanmu berbuat baik. Apapun bentuknya. :)

2 thoughts on “Jangan Tunda Berbuat Baik!

Leave a Reply

